Selasa, 08 November 2016

Keutamaan Shalat Shubuh Berjama'ah

Jika kita ingin melihat kualitas keislaman sesorang, lihatlah dia saat adzan shubuh berkumandan. Apakah ia bergegas menembus gelapnya shubuh, atau ia masih asyik meringkuk dan menikmati amisnya kencing syaitan.
Dalam sebuah riwayat dikatakan bahwa mereka yang bangun shubuhnya kesiangan maka syaitan telah mengencingi telinganya. Relakah kita ketika kuping kita menjadi pispotnya syaitan?? Naudzubillah.
Kita merasa begitu dekat ketika disuruh berlari 100 meter, namun beberapa meter saja kemesjid untuk shalat shubuh berjamaah terasa begitu berat. Ketika kita terlelap tidur, syaitan membuat tiga ikatan. Dimana setiap ikatan itu tertulis, malam masih panjang, tidurlah terus. Ketika anak adam bangun, lepaslah satu ikatan. Ketika ia beranjak untuk berwudu maka lepaslah ikatan yang lain. Ketika ia shalat, lepaslah seluruh ikatan. Demikian jelas sebuah hadits sahih.
Tetap tidur diwaktu pagi dan menjadikan telinga ini tuli akan seruan muadsin bisa menyebabkan kemiskinan. Kalaupun tidak miskin secara materi maka akan miskin kesehatan. Apalah artinya banyak uang, namun penyakit menumpuk. Apalah arti harta yang melimpah, kalau tidak memiliki kesehatan.
Dikatakan dalam sebuah hadits, "Tidur di waktu pagi mewariskan kemiskinan." Riwayat ini segaris lurus dengan sebuah penelitian bahwa tidur di pagi hari dapat menyebabkan penyakit diabetes. Bahkan nabi saw pernah membangunkan aisyah yang ketika itu sedang tidur di waktu pagi seraya berkata,"Bangunlah dan saksikanlah, sesungguhnya Allah membagikan rezeki-Nya di pagi hari."
Shubuh berjamaah menjadi ukuran keimanan seorang muslim. Karena, ia merupakan shalat yang berat bagi mereka yang masih ada nifaq di dalam hatinya. Nabi saw. bersabda: " Sesungguhnya shalat yang paling berat dilaksanakan oleh orang munafik adalah shalat isya dan shalat shubuh." Sekiranya mereka mengetahui keutamaan keduanya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangka.
Shalat shubuh begitu memberatkan langkah karena hadir ketika kita asyik menikmati empuknya kasur. Sedangkan shalat isya karena waktunya panjang sehingga kebanyakan kita sering menunda-nundanya. Shalat shubuh berjamaah di masjid memiliki keutamaan yang luar biasa. Sehingga betapa meruginya jika seorang insan beriman melewatkannya. Jika kita sanggup sholat shubuh berjamaah di masjid, tentu mudah bagi kita menunaikan shalat-shalat lainnya dengan berjamaah.
Salah satu penyebab masuk surga bagi seorang hamba adalah sholat shubuh secara berjamaah. Rasulullah saw. bersabda: "Barang siapa yang mengerjakan sholat bardain yaitu shalat shubuh dan ashar maka dia akan masuk surga." Jangan berbicara islam terlalu tinggi kalau kita tak mampu berjamah shubuh di mesjid. Jangan berharap masuk surga kalau sholat shubuh kita masih kesiangan. Mari, kita buat hari kita ceriah dengan mengawali bangun pagi. Mari, memburu surga dengan memburu keutamaan shubuh.
#PEJUANGSHUBUH
#KESATRIASHUBUH

1 komentar: