Kamis, 05 Mei 2016

4 Keuntungan Aktif Jadi Sukarelawan

Kembangkan Soft Skill-mu,Raih 4 Keuntungan Ini dengan Aktif Jadi Sukarelawan

Untuk kamu yang mahasiswa atau masih di usia cukup muda, ada baiknya mengembangkan soft skill dan kepribadian, dengan menjadi volunteer atau sukarelawan. Jangan hanya memikirkan keuntungan imbalan, sebab dengan menjadi sukarelawan, ada banyak manfaat bisa kamu raih. Apa saja? Yuk, simak!
kembangkan soft skill-mu,raih 4 keuntungan ini dengan aktif jadi sukarelawan
Di era teknologi informasi seperti saat ini, menambah ilmu agar senantiasa cerdas dan up-to-date dengan perkembangan zaman, wajib hukumnya. Untuk kamu yang mahasiswa, sepertinya tidak bisa lagi hanya mengandalkan ilmu yang didapat di kampus.
Jika punya waktu luang -dan bahkan bukan sekadar waktu luang sebab harusnya kita bisa mengalokasikan waktunya- ada baiknya kita mengisi waktu dengan melakukan berbagai kegiatan, yang bisa mengembangkan kemampuan dan passion kita.
Selain internship atau magang, menghabiskan waktu sebagai volunteer atau sukarelawan bisa jadi alternatif untuk mengisi waktu, sambil mendapat berbagai pembelajaran yang mungkin tidak kamu dapatkan dari kampus.
Dengan menjadi sukarelawan, kita bukan sekadar mengerjakan sesuatu tanpa mendapat imbalan berarti. Namun kita juga bisa mendapatkan benefit lain yang bermanfaat untuk pengembangan diri.

Pengalaman dan kemampuan baru
Jadi sukarelawan bisa memberikan kamu pengalaman baru yang tidak didapatkan selama perkuliahan. Dengan menjadi sukarelawan, kamu bisa bebas mengajukan aplikasi pada posisi apapun, meski itu mungkin tidak sejalan dengan dasar pendidikan kamu.
Misalnya, mahasiswa kedokteran ingin mejadi relawan di bidang public relations. Atau mahasiswa kedokteran gigi ingin jadi desainer grafis. Tentu sah-sah saja.
Di bawah pendampingan supervisor atau mentor berpengalaman yang akan mengarahkanmu untuk jadi lebih baik, tentu membawa manfaat sendiri bagi kamu yang ingin mengasah kemampuan sesuai passion.

Punya banyak teman lintas kampus
Selama menjadi sukarelawan, kamu bisa bertemu teman-teman baru yang berasal dari kampus atau sekolah yang beragam. Bahkan bisa jadi, berasal dari kota yang berbeda dengan kamu.
Artinya, kamu bisa punya teman-teman baru yang super seru. Teman-teman lintas kampus ini, juga bisa jadi sumber rezeki buatmu di masa depan, lho. Bukan tidak mungkin, setelah lulus nanti kamu diminta untuk membantu mengerjakan proyek-proyek mereka.
Tapi, punya teman yang berbeda kampus atau kota, itu artinya kamu juga harus belajar untuk mengasah empatimu. Karena perbedaan latar belakang bukan tidak mungkin membuat kalian punya pandangan yang berbeda tentang beberapa hal.

Memperluas jejaring
Serunya jadi sukarelawan, kamu jadi punya kesempatan untuk bertemu lebih banyak orang. Mulai dari pengisi acara, peserta, sampai pihak-pihak yang mendukung pelaksanaan kegiatanmu, misalnya event organizer atau mitra media, misalnya.
Ketika mereka menjalankan kegiatan, otomatis mereka bisa berkomunikasi secara langsung dengan para pendukung kegiatan, dalam posisi setara. Sekalipun acaranya sudah selesai, kamu bisa tetap menjaga relasi dengan mereka.
Jejaring sesungguhnya adalah bukan soal siapa yang kita kenal, tapi siapa yang mengenal kita. Kita tidak pernah tahu, siapa yang mungkin membantu kita di masa depan.

Menambah portofolio
Selagi masih muda, portofolio memang penting sekali untuk meningkatkan kepercayaan dan reputasi. Apalagi kalau kamu ingin membuat usaha sendiri setelah selesai kuliah.
Mengumpulkan portofolio bisa dimulai dari mengerjakan berbagai proyek berbasis sukarelawan. Apalagi kalau proyek yang kamu pegang itu sukses, dan mendapat banyak apresiasi dari publik.
Banyak sekali profesi yang membutuhkan portofolio, misalnya fotografer, videografer, desainer grafis, public relations, dan lain-lain. Jika ingin mendapat kesempatan mengelola proyek besar, tentu harus punya portofolio yang cukup menarik juga, bukan?
Mungkin menjadi sukarelawan tidak selalu menjanjikan pemasukan yang cukup memadai. Namun berbagai potensi benefit yang didapat, bisa jadi investasi jangka panjang.

Apalagi jika kamu menyadari bahwa relasi itu sesuatu yang sangat mahal dan bermakna. Dari hal sederhana seperti mulai menjadi sukarelawan di berbagai kegiatan, kamu mungkin bisa menyumbang perubahan cukup besar di kehidupan. Yuk, bersukahati jadi sukarelawan! (OW/DI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar