Selasa, 10 Mei 2016

Menulis Untuk Peradaban Yang Lebih Baik

Dalam kehidupan seseorang tidak akan terlepas dengan apa yang disebut berita. Setiap orang ingin mengetahui apa yang terjadi pada lingkungan sekitarnya, di kota, di negara, atau bahkan peristiwa yang terjadi di dunia. Misalnya tentang kenyataan sosial yang berkembang, isu-isu hangat yang diperbincangkan orang lain, atau opini orang yang sedang ramai dibicarakan, dan lain sebagainya. Apalagi ketika berada di era informasi, semua orang membutuhkan informasi. Oleh karenanya, untuk memenuhi kebutuhan khalayak tersebut dibutuhkan suatu bidang ilmu yang akan membahas dan menyajikan sebuah berita, sehingga bisa dihidangkan pada khalayak. Ilmu yang akan menyajikan semua itu yaitu ilmu komunikasi dan informasi yang didalamnya ada satu obyek kajian yang disebut jurnalistik. 

Jurnalistik yaitu obyek kajian yang mempelajari tentang seluk beluk penyiaran berita-berita sebagai media komunikasi massa. Sehingga masyarakat bisa memperoleh informasi yang dibutuhkannya serta mengambil manfaat dari jurnalistik. Manfaat utama dari kehadiran media pers di suatu negara menjadi forum dialog publik sebagai alat bagi terlaksananya proses demokrasi guna terwujudnya pembangunan masyarakat dan daerah. masyarakat bisa memperoleh banyak menfaat dengan adanya jurnalistik, misalnya kita bisa memperoleh berita atau informasi atas sebuah peristiwa atau kejadian yang terjadi setiap hari, kita bisa memperoleh pengetahuan yang mungkin tidak kita dapatkan di dalam ruangan belajar.

Seorang jurnalistik memiliki banyak peranan dalam berbagai ranah kehidupan.
Pertama, dalam ranah sosial masyarakat. Manfaat adanya jurnalistik dalam bidang sosial kemasyarakatan ini yaitu masyarakat dapat bercakap-cakap dengan satu sama lainnya. Serta memenuhi kebutuhan masyarakat atau khalayak ramai atas sebuah berita atau informasi, yang berkaitan dengan lingkungan sekitarnya atau di Negaranya, dan bahkan berita di dunia pada waktu itu. Serta berita-berita yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat pada umumnya. Misalnya berita tentang adanya kebakaran di suatu daerah, tentang kecelakaan lalu lintas, dan peristiwa-peristiwa yang sedang terjadi pada hari itu. Semuanya itu diolah oleh jurnalis dengan sebaik dan semenarik mungkin, sehingga berita itu bisa di nikmati oleh masyarakat.
Selain itu, manfaat yang lainnya yaitu bisa digunakan sebagai tempat menyalurkan opini atau pendapat masyarakat yang menyangkut masalah sosial kemasyarakatan, kesejahteraan masyarakat dan lain sebagainya. yakni sebagai tempat penyalur keluh kesah masyarakat terhadap pemerintahan baik itu di kota, daerah atau bahkan pemerintahan pusat. Sehingga jurnalistik ini berguna juga untuk menjaga komunikasi antara rakyat dengan pemerintah. Sehingga pemimpin akan lebih gampang menyampaikan kebijakannya kepada publik.

Kedua, manfaat di ranah politik. Kehadiran jurnalistik juga sangat penting dalam bidang politik. Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari adanya jurnalistik dalam bidang politik ini. Misalnya dalam proses pemilihan pemimpin dalam segala lapisan publik dan pemerintahan, terlebih pada saat bangsa Indonesia akan melaksanakan berbagai proses Pilpres dan Pilkada. Maka media jurnalistik ini akan banyak memberikan manfaat dalam ranah politik ini. Karena dengan penggunaan media massa maka seluruh lapisan masyarakat di Indonesia akan mengetahui siapa calon pemimpin mereka, serta dapat menentukan siapa nantinya diantara calon-calon itu yang akan dipilih oleh rakyat sebagai pemimpin mereka.

Ketiga, ranah ekonomi. Dalam hal yang sederhana saja manfaat jurnalistik dalam ranah ekonomi ini bisa kita lihat. Misalnya ketika harga sembako, cabe, dan bahan-bahan pangan lainnya naik atau turun, maka dengan adanya jurnalistik, masyarakat baik pihak pedagangnya atau pemeblinya menjadi tahu akan perkembangan harga bahan kebutuhan pokok rumah tangga pada saat itu.

Keempat, manfaat dalam ranah pendidikan. Selain bermanfaat dalam ranah politik, ekonomi, dan sosial, jurnalistik juga bermanfaat dalam ranah pendidikan. Jurnalistik bukanlah sebuah kegiatan yang hanya menuliskan sebuah berita yang tak bermakna. Setiap tulisan yang termuat dalam koran, majalah, tabloid, dan lain sebagainya, itu juga mempunyai nilai-nilai pendidikan, baik itu pendidikan moral, agama, politik, atau pendidikan yang lainnya. Serta tidak hanya pengetahuan yang berguna bagi para intelek saja, akan tetapi pengetahuan yang disajikan oleh jurnalis dalam media massa itu adalah pengetahuan yang berguna bagi seluruh lapisan masyarakat dengan menggunakan suatu bahasa yang mudah dipahami oleh kondisi masyarakat.

Kelima, ranah kebudayaan. Indonesia merupakan suatu bangsa yang mempunyai banyak suku, sehingga Indonesia mempunyai beragam kebudayaan. Manfaat jurnalistik yang utama dalam ranah ini yaitu menginformasikan aneka ragam kebudayaan yang dimiliki Indonesia kepada masyarakat umum. Sehingga masyarakat itu nantinya bisa mengenal dan turut serta menjaga kebudayaan yang dimiliki Indonesia.

Keenam, dalam ranah keagamaan. Dalam sejarah diungkapkan bahwa perkembangan dan kecermelangan ajaran Islam menerobos zaman dan abad serta melewati negeri-negeri dan benua, berkat kerja berangkai daripada jurnalis-jurnalis Islam. otak dan syaraf mereka yang disinari taufiq dan hidayah Allah mendorong tangan mereka menarikan penanya di atas kertas. Seni dan kemahiran mereka diabadikan dalam berbagai karya jurnalistik yang bernilai yang berhasil membawa ajaran Islam ke jenjang kemajuan dan kemasyhuran dalam bidang filsafat, hukum, astronomi, sosiologi, dan ilmu pengetahuan yang lainnya.

Masih banyak manfaat yang bisa diperoleh dari adanya jurnalistik, selain dalam beberapa ranah yang sudah dipaparkan diatas. Misalnya manfaat lainnya  yang bisa diambil berdasarkan pada fungsi jurnaristik yaitu untuk menghibur. Dari sanalah dapat diambil manfat jurnalistik yakni memberikan hiburan kepada masyarakat melalui berita-berita yang menyegarkan dan mnyenangkan atau informasi yang ringan dan rileks sesuai dengan gaya hidup manusia atau paembacanya. Bisa juga bermanfaat sebagai pengisi waktu luang seperti sebagai teman di pagi hari saat kita lagi santai.


Jadi, jurnalistik itu sangat penting dan banyak memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakat. sebagaimana yang sudah disebutkan bahwa banyak manfaat yang bisa kita peroleh  melalui jurnalistik, tidak hanya dalam ranah sosial, tetapi juga dalam ranah politik, ekonomi, pendidikan, budaya dan keagamaan.
Bagi yang suka menulis, mari kembangkan terus kemampuan menulis anda untuk menuju peradaban yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar