Kamis, 05 Mei 2016

Hakekat Mahasiswa

            Mahasiswa merupakan status tingkatan seorang siswa yang paling tinggi,idealis,berinisiatif,peka,dan konstributif terutama bagi bangsa dan Negara. Perbedaan mendasar antara siswa dengan mahasiswa antara lain terletak pada pola pikir,kesadaran berinisiatif,tanggung jawab,dan etika.
Mahasiswa dituntut untuk memiliki pola pikir yang kritis khususnya pada bidang tertentu yang menjadi fokus mereka setiap mahasiswa. Selanjutnya,mahasiswa harus mampu menerapkan ilmu mereka dan menjadikannya berguna bagi lingkungan masyarakat,bangsa dan Negara. Mahasiswa bukan disiapkan untuk jenjang yang lebih tinggi  lagi,melaingkan mahasiswa pada hakekatnya merupakan jenjang yang paling tinggi.pola pikir aplikatif dan analitis menjadi kunci perkembangan mahasiswa.
Berdasarkan usia seorang mahasiswa tentu tidak bisa dikatakan sebagai manusia muda lagi yang membutuhkan bimbingan orang tua. Hal ini melatar balakangi mahasiswa dalam berinisiatif membangun diri dan lingkungan. Sebagai manusia dewasa yang mandiri. Kepekaan menjadi kunci bagi seoang mahasiswa dalam hal ini.
Selanjutnya yang tidak terlepas dari kedua poin diatas adalah tanggung jawab dan etika. Mahasiswa sebagai manusia dewasa memilki tanggung jawab yang lebih besar. Peran meraka dalam masyarakat nantinya akan menentukan arah pergerakan bangsa ini. Karna mahasiswaa adalah generasi penerus bangsa,oleh karna itu mahasiswa yang baik adalah mahasiswa yang menjunjung etika disamping ilmu pengetahuan yang mereka tuntut secara formal.’’bangsa yang berbudi adalah bangsa yang beretika.’’

Keberadaan kita dimasyarakat akan sangat diperhitungkan jika kita mampu memberikan konstribusi yang konstruktif. Dan status mahasiswa tidak bisa di pisahkan dalam kehidupan kita masing masing. Bahkan bagi kita yang tidak melanjutkan pedidikan keperguruan tinggi pun sudah sepatutnya kita menyadari bahwa kedewasaan jasmani dan rohani itu perlu. Dan poin poin diatas juga termasuk didalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar